Pemimpin Muda Masa Depan : Bangga Menjadi Indonesia (Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC.)

Di masa mendatang, sudah dipastikan generasi mudalah yang akan mengemban tugas memimpin Negara, baik pada tingkat daerah maupun nasional. Oleh karena itu, siapapun berpandangan (tidak hanya kalangan intelektual, akademisi, tetapi juga profesional) diperlukan suatu upaya yang berkesinambungan untuk mempersiapkan generasi-generasi penerus yang cakap dan mumpuni demi mewujudkan suatu tatanan kehidupan kebangsaan yang sejahtera dan berkeadilan sesuai dengan tujuan nasional yang termaktub dalam Pancasila dan UUD 1945.

Di sisi lain, globalisasi selain menawarkan beragam kemudahan lewat perkembangan teknologi yang kian canggih serta kemajuan peradaban yang semakin mapan, tidak dapat dipungkiri juga menyimpan suatu ancaman serius terhadap kelangsungan kehidupan kebangsaan, utamanya terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. Mengapa demikian?

Disadari atau tidak, globalisasi yang dibarengi dengan arus modernisasi yang tak terkendali telah membawa nilai-nilai budaya luar, yang seringkali bertentangan dengan segenap nilai-nilai budaya nusantara, yang mengedepankan keluhuran dan etika komunal yang penuh empati dan toleransi. Hal ini akan memungkinkan berubahnya kepribadian bangsa yang sebelumnya mengutamakan asas kepentingan bersama, berubah menjadi individu-individu egoistis yang hanya memikirkan kepentingan personalnya, bahkan cenderung hedonis.

Selain itu, kita tak dapat menolak kenyataan bahwa kesadaran persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan nusantara perlahan-lahan memudar. Tentu kita masih ingat bagaimana Timor Timur melepaskan diri dari NKRI, kemudian persoalan GAM yang melulu mendera keutuhan negara kita hingga penghujung tahun kemarin. Belum lagi, beragam permasalahan serupa di berbagai daerah yang mengarah pada disintegrasi bangsa.

Kita memang tidak dapat memungkiri bahwa sebagai Negara Kesatuan, Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri atas 17.504 pulau yang mengandung beragam pesona dan kekayaan yang tiada tara. Ditambah lagi, berbagai suku bangsa dengan ragam adat dan budaya yang berlainan hidup berdampingan di dalamnya. Tidak salah kiranya, ada perasaan “berbeda” antar satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya. Oleh sebab itu, mesti ada sentuhan tersendiri untuk meredam konflik sosial yang akhirnya akan mengancam keutuhan NKRI.

Kenyataan-kenyataan tersebut di atas merupakan tantangan yang luar biasa, utamanya bagi generasi muda, yang nantinya harus menjadi tulang punggung keberlangsungan bangsa. Berkenaan dengan hal itu, upaya-upaya pemberdayaan kaum muda menjadi hal yang krusial untuk sesegera mungkin dilaksanakan dan ditingkatkan baik secara kualitas maupun kuantitas.

Kegiatan-kegiatan latihan kepemimpinan, sudah tentu harus diapresiasi secara menyeluruh oleh semua pihak. Program seperti ini, dalam pandangan saya, mestilah menjadi ajang kaum muda untuk berkreasi sekaligus mencermati pola-pola kepemimpinan yang sesuai dan diperlukan untuk menghadapi kompleksitas persoalan bangsa. Dari sinilah kiranya akan muncul beraneka pemimpin-pemimpin muda yang handal dan terpercaya, serta mengedepankan semangat kebersamaan yang penuh empati dan toleransi untuk membawa kemajuan dari tingkat daerah hingga nasional, yang pada akhirnya membawa kemajuan nusantara hingga ke jenjang internasional.

Oleh karena itulah, saya sungguh berbesar hati dengan adanya agenda-agenda latihan kepemimpinan. Saya pun berharap, keikutsertaan para mahasiswa akan dapat membawa perubahan, pada mulanya di lingkungan kampus, kemudian akhirnya sampai menyentuh pada publik luas. Bagi saya, dedikasi dan daya juanglah yang akan membawa suatu perubahan ke arah kebaikan. Semoga melalui kegiatan seperti ini, di tahun-tahun selanjutnya, tidak hanya lahir pemimpin-pemimpin cerdas tetapi juga memiliki kepedulian dan sikap kreatif dalam menanggulangi beraneka persoalan mulai dari tingkat universitas kemudian masyarakat umum. Bravo Pemimpin Muda!

2 thoughts on “Pemimpin Muda Masa Depan : Bangga Menjadi Indonesia (Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s