IV

: Aston, 01.05. 09

Ketika merasa, jarak hanya sekian kilometer yang tertunda, kembali teringat sesuatu yang dulu telah tercatat. Kau dan aku duduk di ruang tunggu yang berlainan, sementara para pelayan bertopi merah jambu tak juga datang membawakan minuman. Masih saja ada angan, kau akan menunggu di jalan depan, datang dari pergulatan harian dengan penugasan, sembari melambai dan tersenyum tanpa beban.

Tapi waktu telah berlalu, berpuluh-puluh pekan lalu. Aku datang kembali setelahnya, kau juga duduk di meja kerjamu yang dulu, seperti biasa, tapi kita sudah lama tak saling menyapa. Sempat terlintas, kudatangi saja ruang itu, lalu seolah segalanya tetap sama, aku memanggilmu dan mengajakmu kembali menyusuri jalanan di utara.

Bukannya aku tak mau berhenti menunggu, hanya saja, ada sesuatu yang menahanku, yang membayang sedemikian rupa, yang melekat tak terlihat, namun begitu nyata terasa. Kau perjalanan, dan aku di dalamnya, melakoni tiap peristiwa, tanpa pernah tahu, kau berdiri di peron yang mana dan tiket untukku di gerbong ke berapa.

Bulan selalu berganti, seakan dengan riang ia menggelayuti diri ini, seakan aku adalah malam yang terkasih. Tapi aku bukan langit kelam, bukan pula pijar bintang, aku hanya seorang yang baru saja kehilangan.

Di sini, beberapa langkah dari tempatmu mungkin berdiri, kubayangkan kau di sisi, kupandang kau tak jemu, hingga pagi terbit lagi. Biar malam mengacaukan dirinya sendiri, sebab kau dan aku saling terikat dalam sunyi.

Hmph….
Tapi tetap saja, waktu adalah belenggu. Jalan adalah kenangan. Harapan adalah keniscayaan.

Kau di sudut ruang, berdoa dalam diam.

2 thoughts on “IV

  1. hehehe, iya, dalam waktu dekat ini saya sedang mencoba menulis yang bahagia2, hehe…
    thanks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s