Bukan Ini Yang Baik

Minuman, ternyata tak bisa membuat segalanya lebih baik. Sekaleng bir atau sebotol vodka, hanya memberi sekejap hangat. Buih yang bergemuruh di mulut, seakan menggigiti lidah, hanya itu sensasi sesaat yang justru semakin membuat hampa. Jadi, apa yang bisa dilakukan saat kau nelangsa. Berusaha lelap memejamkan mata, berjalan tak tentu arah, meneriaki ruang kosong di depanmu, mengumpat pada waktu, atau hanya terdiam.

Kemudian gelap pun lewat. Sudah hampir tengah malam, dan aku teringat harus pulang. Ada nyeri di kepala dan rasa kantuk yang tak biasa sedikit menggoyahkan kesadaranku. Mabukkah aku?!! Ah, mana mungkin, cuma sekaleng bir dan sebotol vodka. Tapi kenapa aku malah ingin kehilangan kesadaranku, saat ini, kesadaran atas waktu, atas ruang, atas semua orang, atas diriku sendiri.

Angin berhembus pelan, meninggalkan rasa dingin di tubuhku. Hei, hari masih pagi! Betapa senangnya aku mengasihani diri sendiri. Suara itu mendengung keras di telingaku. Aku pun teringat, Chairil mengungkap, ”Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak…. Kami sudah coba apa yang kami bisa// Tapi kerja belum selesai, belum apa – apa.” AH, malunya aku! Hanya sedikit soal di hati membuatku lupa diri, membiarkan lena pada rasa nelangsa yang percuma. Ini sungguh belum apa – apa, jika dibandingkan dengan apa yang kini tengah terjadi di sekitarku, persoalan yang tak hanya melulu perihal perasaan individu tetapi lebih pada kemanusiaan.

Huff, daripada bersibuk – sibuk bersedih hati, bukankah lebih baik aku lakukan apa yang kubisa, tetap bertahan menatap hari depan….. Semoga!

2 thoughts on “Bukan Ini Yang Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s